Editors Picks

Saturday 8 August 2015

Indonesia di Bawah Penduduk Jepang (Perang Dunia II)

Perang dunia II, pecah ketika terjadi invasi Jerman terhahadap polandia tahun 1939. Perang duniai II adalah perang antara kekuatan negara Poros melawan Blok Sekutu. Masing-masing negara memobilisasi kekuatan angkatan perangnya untuk meraih kemenangan.

Perang dunia II berdampak lansung terhadap Indonesia. Sumber daya alam Indonesia yang ketika itu dikuasai oleh Belanda menarik minat Jepang untuk menduduki Indonesia. Jepang melakukan propaganda untuk membebaskan Indonesia dari tangan Belanda.

1. Faktor-Faktor yang Menyebabkan Terjadinya Perang Dunia II

a. Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa

Setelah berakhir Perang Dunia I, muncullah usaha untuk mencegah agar tidak lagi terjadi perang berikutnya, maka di bentuklah Liga Bangsa-Bangsa. Dibentuknya Perang LBB Untuk menyelesaikan segala bentuk konflik di meja perundingan.

Namun tidak berjalan efektif, hal ini karena Amerika Serikat tidak bergabung keanggotaan PBB. Kelemahan pada keanggotaan yang didasar pada suka rela sehingga tidak memiliki kekuatan dan diamanfaatkan oleh negara besar untuk mencari keuntungan.

b. Agresi Italia, Jerman dan Jepang

Italia, Jerman dan Jepang Militeristis memanfaatkan keadaan ini untuk melancarkan agresi ke berbagai wilayah. Tahun 1931, agresi jepang menyerbu Manchuria, kemudian dikuti Invasi ke Cina.

Pada tahun 1936 Italia menyerbu Abbysinia (sekarang Ethiopia) dan Albania. Agresi paling berbahaya NAZI menduduki wilayah Rheinland. Tanggal 30 september 1938 dalam persetujuan Muchen, wilayah Sudetenland diserahkan kepada Jerman.

Karena agresi itulah menyebabkan LBB menjadi lumpuh dan timbul perlobaan senjata di negara-negara Eropa untukmemperkuat dirinya mengahadapi dari serangan musuh.

2. Jalannya Perang Dunia II


Tanggal 1 september 1939, pecahklah Perang Dunia kedua setelah Jerman menyerbu Polandia. Pada bulan April 1940, hiltler menyerbu dan menduduki Denmark dan Nerwegia. Kemudian menyerbu Eropa Barat. Kemudian pada tanggal 22 Juni 1941, Jerman menkhianati pakta Non-Agresinya dengan Uni Soviet dan menyerangnya. Wialyah uni soviet berhasil merebut banyak Wilayah Uni Soviet. Namun gerakan mereka kemudia berhenti di Moskow akibat perlawanan rakyat Rusia.

Pada bulan Desember 1941, perang dunia II benar-benar tidak dapat dielakkan lagi. Hal ini karena masuknya Jepang dan Amerika Serikat di dalam Zona peperangan. Pada tanggal 26 April 1945, Pasukan amerika serikat bertemu di Torgau. Pada tanggal 30 April, Hitler bunuh diri bersama istrinya.

3. Akibat dari Perang Dunia II

Perang Dunia II dikhiri dengan melaksanankan serangkaian perjanjian, yaitu:

a. Konferensi Postdam, antara Sekutu dan Jerman pada tanggal 2 Agustus 1945

Isinya:

a) Jerman di bagi Empat daerah penduduk.

b) Kota berlin di bagi dua.

c) Kota Danzig diserahkan kepada polandia.

d) Jerman harus membayar rampasan perang.

e) Penjahat perang harus di hukum.


b. Perdamaian Paris pada Februari 1947, antara Sekutu dan Italia


Isinnya:

a). Semua Jajahan Italia di Afrika Utara diambil Inggris.

b). Italia harus membayar kerugugian perang.

c). Daerah Italai Diperkecil.

d). Trieste menjadi Wilayah perwalian di bawah PBB.

e). Abessynia dan Albania kembali menjadi Negara Merdeka.


Selain itu setelah perang dunia kedua berakhir terjadi perubahan besar dari bebagai bidang seperti bidang politik, sosial, dan Ekonomi.




No comments:

Post a Comment